Saat ini sudah bayak sekali kita jumpai tipe mobil dengan sistem transmisi matik, dan meskipun cara menyetirnya hampir sama dengan yang manual akan tetapi kita diharuskan mengerti beberapa istilah yang ada di tuas kemudi mobil dengan sistem transmisi otomatis atau mobil matik ini.
Sebelum mengetahu cara mengendarai atau menyetir mobil matik ini ada baiknya kita mengenal dulu symbol-simbol yang biasa kita jumpai dalam mobil AT ini.
Dalam mobil matik biasanya kita akan dihadapkan pada tuas transmisi dengan kode P,R,N,D,2 dan 1 atau L.
Kode P merupakan kepanjangan dari (Park) mengunci transmisi sepenuhnya dan digunakan pada saat mobil parkir.
Kemudian R (Reverse) fungsinya sama dengan mobil manual, yaitu posisi yang digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur. N (Netral) juga memiliki fungsi yang sama dengan netral pada mobil manual.
D (Drive) adalah posisi yang digunakan dalam berkendara sehari-hari dalam kondisi jalan yang normal. 2 (Gigi 2) & 1 (Gigi 1) atau L digunakan dalam menghadapi kondisi jalan yang menanjak untuk menjaga kestabilan kendaraan.
Setelah mengetahui kode kodenya berikut ini beberapa tata cara mengendarai mobil matik selengkapnya
biasakan untuk membebaskan kaki kiri dari kopling, mobil matik tersedia dua pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem.
biasakan menginjak rem setiap kali mengganti transmisi, agar saat mengganti transmisi, mobil tidak berjalan sendiri.
jika melintasi jalan yang terdapat tanjakan atau keadaan jalan naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L.
pahami fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D.
Semoga sedikit ulasan mengenai tata cara menyetir mobil matik ini bermanfaat buat anda semua